Recent Post

manfaat dan bahaya kelebihan & kekurangan garam bagi tubuh

manfaat dan bahaya kelebihan & kekurangan garam bagi tubuh
berikut ini adalah artikel mengenai manfaat dan bahasa garam , dan cara mengatasi kelebihan dan kekurangan garam bagi tubuh kita (manusia)




Fungsi Garam meja atau [ natrium chlorida ] bagi tubuh kita sangat penting sekali, karena garam berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan asam basa yang normal pada tubuh kita. Jikalau tidak terdapat kadar garam tubuh kita , maka kemungkinan kita tidak akan bisa bertahan untuk hidup lebih lama [ kecuali jika tuhan berkehendak lain ]

Namun di balik pentingnya garam bagi tubuh kita garam juga mempunya dampak atau efeksamping yang bisa membahayakan kesehatan untuk tubuh, jika kita mengkonsumsi asupan garam yang sangat berlebihan atau terlalu banyak.

Karena dengan andanya asupan garam yang berlebihan dapat beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Oleh karena itu membatasi jumlah asupan garam bagi tubuh kita sangat penting sekali,

Adapun jumlah batasan garam adalah tidak boleh mengkomsumsi garam melebihi dari 1.500 mg atau sekitar 3/4 dari sendok teh/hari .namun realita yang ada kita malah memperoleh asupan garam yang berlebihan yang berasal dari makanan ringan dan makanan olahan . karena makanan tersebut terdapat kadar garam yang tinggi ,

Mengurangi asupan natrium atau sodium dalam keseharian yang rata-rata garam setiap orang dari 8g di kurangi menjadi 6g, atau sekitar satu sendok teh, dikabarkan dapat menyelamatkan 17.000 nyawa orang di setiap tahunya di negara Inggris.
Karena disebabkan menjadikan minimnya jumlah penderita stroke yaitu sebesar 22% & penurunan 16 % pasien yang mengalami serangan jantung.

Jadi mengurangi jumlah komsumsi asupan natrium sangat di anjurkan sekali karena demi kesehatan.

Di samping itu adajuga beberapa ahli mengatakan , jumlah komsumsi garam yang sangat sedikit sama saja bahayanya di banding dengan mengkomsumsi garam terlalu banyak. Bahkan menurut Hasil kajian di American Journal of Hypertension itu memperingatkan bahwa mengkonsumsi natrium di bawah 6,25g rata2/hari yang telah dianjurkan, dapat berakibat serangan jantung dan stroke. (katanya)

Jadi kesimpulannya kita harus mengkonsumsi garam jangan sampai kekurangan, dan juga tidak boleh sampai kelebihan, karena bisa berakibat fatal.

?
?
?
Tag:
manfaat garam bagi kita, peran garam bagi tubuh , Awasi Sodium dalam Makanan Anda, Cerdas Mengkonsumsi Garam . Fungsi dan manfaat garam (NaCl) bagi tubuh, Jenis, Manfaat dan Bahaya GaramAlasan Harus Mengontrol Garam,dampak negatif kelebihan garam bagi tubuh,Manfaat Garam Laut Bagi Tubuh Manusia, Manfaat Garam Beryodium.