Recent Post

manfaat bangun pagi pagi bagi tubuh manusia

manfaat bangun pagi pagi bagi tubuh manusia
Allah SWT berfirman:
''Dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).'' (qs. Al isra' (17):78)

Alqur'an menganjurkan tidur awal dan bangun pagi pagi di saat fajar. Diriwayatkan bahwasanya nabi Saw bersabda: ''keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka''

Sabda beliau lahi;
''dua rakaat shubuh lebih baik daripada dunia seisinya''



Adapun manfaat medis yang bisa di petik dengan bangun pagi pagi di saat fajar antara lain;

1. Kadar tertinggi gas ozon (03) di udara terjaadi ketika fajar, untuk kemudian menurun secara bertahap dan mengilang ketika matahari terbit, gas ini mempunyai efek yang bermanfaat bagi sistem syaraf dan meningkatkan aktivitas pikir dan otot. Sehingga pada waktu pagi buta, manusia akan merasakan puncak vitalitas pikiran dan oto. Dan ketika ia menghirup sepoi angin fajar yang indh yang di sebut dengan angin muda, maka ia pun akan merasakan kenikmatan dan ekstase yang tiada badinganya pada jam jam lain di siang , sore maupun malam hari.

2. sinar matahari ketika terbit mendekati warna merah dan sudah maklum adanya bahwa warna ini berpengaruh pada syaraf dan merangsang untuk bangun dan akitf. Selain ikut kadar puncak sinar ultraviolet juga terjadi ketika sunrise, dan sinar ini mendorong kulit untuk memproduksi vitamin c.

3. Bangun pagi bisa mengentikan tidur panjang, orang yang tidur dalam tempo yang terlalu lama dan dalam satu waktu beresiko besar menderita berbagai penyakit jantung, terutama keletihan pembuluh darah yang berpotensi memancing terjadinya serangan dada sesak. Hal ini di karenakan tidur tidak merupakan ketenangan total.

4. Riset ilmiah membuktikan bawa kadar tertinggi cortezon dalam darah yang mencapai 7-22 makrogram/100 ml plasma terjadi pada waktu subuh. Dan sudah maklum adanya bahwa cortezon adalah bahan ajaib yang membekali vitalitas tubuh dengan energi yang dibutuhkan.


Dalam hadis shahih yang diriwayatkan al bukhari dan muslim dari abu hurairah disebutkan bahwa nabi Saw bersabda;

''Ketika salah seorang diantara kalian tidur, syetan mengalungi tengkuknya dengan tiga ikatan. Malam yang panjang akan semakin memperkuat setiap ikatan , sehingga tidurlah ia. Jika ia bangun lantas berzikir kepada allah (mengucapkan doa bangun tidur) maka lepaslah satu ikatan itu. Ketika kemudian jika ia wudhu, maka lepaslah semua ikatan tersebut, sehingga iapun bangun pagi pagi dengan badan fit (energik) dan nafas harum ( jiwa baik). Jika tidak, maka ia akan jelang pagi dengan nafas busuk (jiwa busuk) dan malas malasan.''


Barangkali kita tidak dapat membutuhkan bukti ilmiah untuk membuktikan hadist nabi ini, kita cukup bertanya pada dua orang yang satunya bangun pagi pagi pada shalat subuh, sedangkan yang lain bangunya kesiangan. Jawabanya, orang yang bangun pagi pagi dan shalat akan merasakan vitalitas dan keceriaan sepanjang harinya, berbeda halnya dengan ang bangun siang.

(sumber: artikel artikel Dr ibrahim rawi dalam jurnal al hardhara'' , edisi 6 dan 10)





Tag:
kenapa harus bangun pagi pagi? Alasan mengapa gimana kenapa haruskah kita bangun pagi? manfaat bangun pagi , akibat bangun pagi dampak bahaya keuntungan khasiat bangun pagi , kesehatan ketika bangun lari pagi, definisi pengertian bangun pagi,