Recent Post

Ciri Ciri Planet di Tata Surya

Ciri Ciri Planet di Tata Surya
Ciri Ciri Planet di Tata Surya- Untuk sobat yang sedang belajar Tentang IPA disini saya share tentang Ciri Ciri Planet di Tata Surya ..Bisa langsung dibaca semoga menambah wawasan sobat.
Pengertian Tata Surya
Tata surya adalah susunan benda benda langit yang terdiri atas matahari,planet-planet,meteorid,komet dan asteroid yang berputar mengelilingi matahari(berevolusi)
Planet-Planet yang mengelilingi matahari sebanyak delapan buah..Urutan dari yang terdekat dengan matahari adalah Merkurius-Venus-Buni-Mars-Yupiter-Saturnus-Uranus-Neptunus..
Ciri Ciri Planet di Tata Surya
1. Merkurius
Merkurius
Planet Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari.Suhu permukaan planet ini pada siang hari mencapai 427 derajat Celsius,Berkurang menjadi 152 derajat celsius pada sore hari,dan menjadi -173 derajat celsius pada tengah malam.Planet ini Memiliki Kandungan inti yang mirip bumi kandungan inti Merkurius adalah Besi,Nikel,dan mineral.
2. Venus
Venus
Jarak venus dari matahari sekitar 108 juta km,Arah rotasinya berlawanan dengan planet planet lain..venus disebut bintang fajar atau bintang senja karena terlihat saat matahari terbit.dan saat matahari hampir terbenam..
Planet Venus tertutupi oleh awan karbondioksida yang tebal . Awan ini memerangkap energi matahari yang mengenainya sehingga terjadi..efek rumah kaca.Akibatnya, suhu di permukaan venus mencapai 480 derajat celsius.Atmosfirnya mengandung zat-zat beracun..
3. Bumi
Bumi
 Bumi adalah tempat tinggal kita.Jarak antara bumi dari matahari 150 juta km.Jarak bumi-Matahari
 dikenal sebagai Satu Satuan Astronomi.
4. Mars
Masr
Jarak Mars dari matahari Sekitar 228 juta kilometer dari Matahari.Atmosfer Mars Sangat tipis sehingga tidak dapat melindungi radiasi yang berbahaya dari matahari dan panas matahari juga mudah lepas.Suhu Mars di dekat khatulistiwa mencapai 20-30 derajat Celsius,tetapi pada malam hari turun hingga -85 deratat celsius.Mars bercahaya kemerahan karena debunya mengandung oksida besi sehingga disebut dengan planet Merah..
5. Yupiter

Yupiter
Yupiter Merupakan Planet Terbesar dengan diameter 142.984 km dan volumenya 1.300 kali volume bumi.
Yupiter tersusun atas hidrogen dan helium dalam fase cair dan gas.Yupiter mudah terlihat karena ukurannya yang sangat besar dan memantulkan lebih dari 70% cahaya matahari yang mengenainya.Yupiter memiliki atmosfer berawan tebal yang terdiri atas es amoniak dan salju.suhu diatas awan Yupiter sekitar -120 derajat Celcius.
6. Saturnus
Saturnus
Saturnus berbentuk pipih karena kerapatannya randah dan berotasi sangat cepat.Planet ini berupa bola gas raksasa yang terdiri atas hidrogen dan helium..Saturnus memiliki cincin yang tersusun dari gas beku dan butiran butiran debu.Atmosfer planet ini mengandung amoniak dan metana.Suhu diatas awan saturnus sekitar -170 derajat Celcius.
7. Uranus
 Uranus
Suhu Pada puncak awan Uranus mencapai -210 derajat Celcius.Oleh karena suhu yang sangat dingin ini,metana yang menyusun sebegai besar atmosfernya berwujud cair.Tidak seperti planet lain yang berputar tegak lurus seperti gasing.Uranus berputar menggelinding mengelilingi matahari.
8. Neptunus
Neptunus
Atmosfer Neptunus dipenuhi oleh metana sehingga Neptunus tampak biru